$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=0$d=0$cm=0 $show=home

4 Cara Mudah Memotret Milky Way Bromo Dengan Kamera Smartphone

Tips dan Langkah Mudah memotret gugusan bintang dan Milky Way di Gunung Bromo hanya dengan kamera hp atau smartphone

Potret Gugusan Bintang Bima Sakti, Milky Way di Gunung Bromo - photo by Andrew Tan
Milky Way Gunung Bromo, salah satu keunikan lainnya dari Gunung Bromo selain Kawah dan Sunrise bisa kamu temui hanya saat gelap malam, adalah bisa menyaksikan kumpulan dari jutaan bintang yang memiliki volume seperti debu dan juga gas yang terletak di piringan / bidang galaksi (Milky Way), kira menyebutnya sebagai Galaksi Bima Sakti. Fenomena alam ini bisa juga kamu saksikan sekaligus saat wisata di Gunung Bromo, tidak hanya untuk menyaksikan, penting juga bisa mengabadikan keajaiban alam ini, cukup dengan kamera dari smartphone atau hp mu sendiri.
Milky Way itu apa?, dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai gugusan bintang "Bima Sakti – berasal dari bahasa latin Via Lactea atau bahasa Yunani Galaxias yang artinya “susu”. Milky way ini adalah galaksi spiral yang memiliki 200-400 milyar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya. Sebab mereka melihatnya sebagai pita kabut bercahaya putih yang membentang pada bola langit, akhirnya disebut sebagai Milky Way.
fitur manual di kamera hp

1# Gunakan Fitur Kamera Smartphone Dengan Fitur Manual Mode

Memotret gugusan bintang dan milky way di Gunung Bromo dengan kamera hp memerlukan bantuan fitur kamera smartphone yang memilih mode manual. Karena kita akan memotret pada kondisi yang gelap dengan obyek bintang berada di lokasi yang jauh, memerlukan beberapa pengaturan khusus dari kamera hp, yang tidak bisa diwakili oleh mode otomatis.
Pastikan mode manual smartphone kamu memiliki fungsi pengaturan ISO, shutter speed dan white balance ya agar bisa menangkap cahaya bintang-bintang di angkasa
Jika kamera HP Smartphone standarmu tidak menyediakan pengaturan manual mode, jangan kuatir di aplikasi Play Store tersedia cukup banyak pilihan. 5 aplikasi kamera manual android yang umum dipakai adalah Camera FV-5, Manual Camera, A Better Camera, Open Camera dan DSLR Camera Pro. Silahkan pilih salah satu diantaranya yang kamu minati.

Mulai Mengatur Kamera Pengaturan Manual..

Aperture atau Bukaan, yang berfungsi sebagai jendela tempat cahaya masuk. Bukaan disimbolkan sebagai f (f5.0, f4.0, f3.0). Semakin kecil angka bukaan berarti semakin lebar jendela pada kamera terbuka yang berarti juga semakin peka menerima cahaya yang masuk.

ISO, adalah sensitivitas sensor kamera dalam menerima cahaya yang masuk. Didalam kamera tertulis dengan sederet pilihan angka-angka mulai ISO 100, 200, 400, 800, 1600 dan seterusnya. Semakin besar angkanya semakin sensitif sensor kamera dalam penerimaan cahaya.

Shutter Speed, atau biasa disebut dengan kecepatan rana. yakni waktu dan kecepatan sensor yang diperlukan dalam penerimaan cahaya. Umumnya disimbolkan sebagai huruf S atau ikon rana. Pengaturan kecepatan rana harus disesuaikan dengan bukaan dan ISO.

Sebagai ilustrasi, Martin Marthadinata memotret dengan Kamera DSLR Nikon D5000 dengan pengaturan f/3.5 - ISO 3200 - Rana 30 detik - kalo ada yang punya contoh foto dari hp kirim ya Broww
potret milky way bintang bima sakti
Potret Bintang Bima Sakti dari Jalan Menuju Puncak Pananjakan, photo by Martin Marthadinata

2# Cari Waktu Yang Tepat dan Lokasi Yang Ideal dan Jauh dari Cahaya

Kapan?, pastinya malam hari atau saat langit tanpa terang bulan. Kondisi idealnya adalah saat langit bener-bener cerah tanpa awan dan hujan serta gelap kecuali cahaya bintang-bintang. Musuh utama ingin menangkap cahaya dari bintang adalah kondisi cahaya di sekitar kita, karena jika berada di tempat yang masih cukup banyak cahaya, sensor kamera akan kesulitan menangkap satu-satunya sumber cahaya di langit.

para fotografer berburu bintang di gunung bromo
Para Fotografer berburu bintang Milky Way di Gunung Bromo photo by Andrew Tan
Waktu yang tepat melihat fenomena Milky Way Gunung Bromo adalah disaat cuaca cerah tanpa awan antara pukul 21.00 – 04.00 WIB dini hari. Fenomena Milky Way Gunung Bromo yang sempurna bisa terjadi saat musim kemarau pada bulan April sampai dengan September.
Kondisi di sekitar Gunung Bromo cukup ideal untuk hal ini, khususnya saat berada di sekitar lautan pasir (segoro wedi), cahaya di daratan hanyalah bersumber dari jeep Bromo yang melintas kawasan. Beberapa photo terbaik yang bisa menangkap Milky Way di Gunung Bromo berasal dari Puncak Pananjakan dan sekitarnya.

3# Wajib Gunakan Tripod, Kecuali Pengen Gambar Blur

Satu lagi perlengkapan yang wajib kamu siapkan adalah tripod. Saat mengambil foto bintang di langit, kamera smartphone akan menggunakan kemampuan long exposure yang artinya lensa kamera akan menangkap cahaya dengan waktu yang lebih panjang dalam situasi yang tetap alias tidak bergeser atau goyang.

Sehingga, jika smartphone bergerak sedikit saja bakal mengakibatkan foto yang kamu ambil blur dan gagal lho!

belajar motret bintang di gunung bromo
Selamat Pagi Kuda Bromo photo by Hou Zi

4# Sempurnakan dengan Aplikasi Edit Photo

Setelah kamu berhasil menangkap gambar bintang atau milky way di langit Gunung Bromo, proses berikutnya adalah mempercantik foto yang kamu dapat dengan aplikasi smartphone salah satunya Adobe Lightroom yang bisa kamu download gratis di Play Store bagi pengguna android.

Kamu bisa mengatur kontras, warna dan detail foto melalui aplikasi pengedit fotonya agar lebih menarik, guys! Yang sudah sukses bikin foto bintang dan milky way di Gunung Bromo kirimkan ke sini yaaaaa? terima kasih.

4 Cara Mudah Memotret Milky Way Bromo Dengan Kamera Smartphone
4.9 (99.85%) 2313 votes

COMMENTS

open trip gili labak madura
open trip gili labak madura
explore bromo
Nama

air terjun,2,batu,2,bromo,15,bukit cinta,1,bukit kingkong,1,destinasi,4,guest house,1,gunung,1,highlights,18,ijen,1,informasi,15,jawa timur,5,kawah,1,lumajang,2,madakaripura,1,pananjakan 1,1,pantai sembilan,1,pasir berbisik,1,penginapan,3,pos dingklik,1,puncak b29,1,pura luhur poten,1,seruni point,1,sunrise point,5,tips,2,tumpak sewu,1,villa,2,wisata bromo,12,
ltr
item
Surabaya Tour and Rent Car: 4 Cara Mudah Memotret Milky Way Bromo Dengan Kamera Smartphone
4 Cara Mudah Memotret Milky Way Bromo Dengan Kamera Smartphone
Tips dan Langkah Mudah memotret gugusan bintang dan Milky Way di Gunung Bromo hanya dengan kamera hp atau smartphone
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUeRrUxMiwZVYwsB6LQz2Gk4Q_S_kXgyPpx8OQQQPCnKUgA1qp2dSMYEUADO1BWGH16IiOn4tPgfO3zABXWFwy6M49vS51C3adxWlUavNrd29BSbaun8S5EQniObo3f-sxuUGUtmF-gpPB/s780/bromo-milky-way.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUeRrUxMiwZVYwsB6LQz2Gk4Q_S_kXgyPpx8OQQQPCnKUgA1qp2dSMYEUADO1BWGH16IiOn4tPgfO3zABXWFwy6M49vS51C3adxWlUavNrd29BSbaun8S5EQniObo3f-sxuUGUtmF-gpPB/s72-c/bromo-milky-way.jpg
Surabaya Tour and Rent Car
https://www.gosuroboyo.com/2018/12/memotret-milky-way-bromo.html
https://www.gosuroboyo.com/
https://www.gosuroboyo.com/
https://www.gosuroboyo.com/2018/12/memotret-milky-way-bromo.html
true
3140589858290900192
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy