$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=0$d=0$cm=0 $show=home

Masyarakat Suku Tengger Gunung Bromo

Suku Tengger adalah masyarakat yang mendiami dataran tinggi di wilayah pegunungan Bromo, salah satu peradaban yang sudah ada sejak jaman Majapahit.

suku tengger adalah masyarakat yang mendiami wilayah bromo
Suku Tengger adalah suku yang mendiami dataran tinggi di wilayah pegunungan Tengger yang juga meliputi Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Suku Tengger adalah salah satu peradaban yang sudah ada sejak jaman Majapahit dan suku ini percaya bahwa nenek moyang mereka berasal dari Majapahit.

Seperti kebanyakan suku-suku yang ada di Indonesia pastinya memiliki legenda. Legenda suku Tengger bermula dari Rara Anteng dan Jaka Seger yang dipercaya oleh suku Tengger sebagai cikal-bakal nenek moyang mereka.

Secara harfiah Tengger diterjemahkan sebagai orang-orang dataran tinggi dan tanpa bisa diketahui istilah kata Tengger berasal dari bahasa apa. Secara etimolgi istilah Tengger berasal dari bahasa Jawa yang artinya tegak, diam tanpa bergerak. Namun apabila di kaitkan dengan kepercayaan yang ada di masyarakat, Tengger adalah singkatan dari Tenggering budi luhur.

Sekilas Masyarakat Suku Tengger

suku tengger percaya nenek moyang mereka berasal dari majapahit

Pegunungan Tengger dari jaman kerajaan Hindu di Pulau Jawa dianggap sebagai tempat suci yang dihuni oleh abdi spiritual dari Sang Hyang Widi Wasa disebut juga sebagai Hulun. Hal ini di buktikan dengan ditemukannya sebuah Prasasti yang bernama Prasasti Walandhit berangka 1327 Saka atau 1405 M di daerah Pananjakan, desa Wonokitri, Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Dalam Prasasti tersebut tertulis bahwasanya ada sebuah desa yang bernama Walandhit di pegunungan Tengger merupakan tempat suci yang dihuni oleh Hyang Hulun atau Abdi Tuhan.

Awal abad ke 17 Kerajaan Islam Mataram mulai memperluas kekuasaannya hingga ke jawa Timur, namun suku Tengger masih memegang dan mempertahankan identitasnya dari pengaruh Kerajaan Islam Mataram. Namun sayang masyarakat Tengger takluk juga oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1764 dan tahun 1785 Belanda mendirikan tempat peristirahatan di daerah Tosari kemudian menanam sayuran Eropa yang mereka seperti kentang, wortel dan kubis. Akan tetapi pada abad ke 19 situasi politik mulai berubah dengan kedatangan penduduk dari daerah lain menghuni daerah tersebut di karenakan kekurangan jumlah penduduk.

Legenda Suku Tengger Bromo

masyarakat suku tengger wisata gunung bromo

Rara anteng adalah seorang Putri dari Kerajaan Majapahit yang melarikan diri karena saat itu Kerajaan Majapahit sedang mengalami pergolakan. Kemudian Rara Anteng menetap di wilayah Penanjakan dan bertemu dengan seorang Resi yang bernama Dadap Putih dan diangkat sebagai anak. Jaka Seger yang berasal dari Kerajaan Kediri pergi mengasingkan diri karena situasi kerajaan yang sedang kacau kemudian menetap di desa keduwung sambil mencari keberadaan pamannya yang tinggal disekitar Gunung Bromo.

Singkat cerita Rara Anteng dan Jaka Seger bertemu, keduanya pun jatuh cinta dan akhirnya menikah. Selama sewindu usia pernikahan mereka belum juga dikaruniahi seorang anak. Kemudian Jaka Seger dan Rara Anteng memutuskan bertapa di Gunung Bromo dan setelah bertapa selama 6 tahun barulah permohonan mereka dikabulkan. Namun permohonan mereka disertai dengan syarat harus mengorbankan nyawa anak bungsu mereka yaitu menumbalkan ke kawah Bromo. Mereka pun menyetujui syarat tersebut dan keduanya di karuniahi 25 orang anak.

rara anteng dan jaka seger diyakini oleh masyarakat tengger sebagai cikal bakal nenek moyang mereka Hingga pada suatu hari Gunung Bromo bergemuruh, Jaka Seger dan Rara Anteng tahu bahwa inilah saatnya untuk menyerahkan anak bungsu mereka yang bernama Raden Kusuma sebagai tumbal ke kawah Bromo. Namun mereka masih belum rela untuk mengorbankan anaknya tersebut. Lalu keduanya menyembunyikan Raden Kusuma di daerah Ngadas, akan tetapi letusan Gunung Bromo tersebut sangat dahsyat hingga menjangkau sampai ke tempat persembunyian Raden Kusuma dan akhirnya sampai tersedot masuk ke dalam Kawah Bromo.

Dari dalam kawah Bromo saat itu, terdengar suara dari Raden Kusuma dan berpesan kepada saudaranya untuk hidup rukun dan dia rela dikorbankan menjadi persembahan untuk kesejahteraan dan kerukunan orang tuanya beserta saudaranya. Raden Kusuma juga berpesan agar setiap tanggal 14 Kasada untuk mengirimkan hasil bumi ke Gunung Bromo. Dari Legenda ini pula asal muasal diadakannya Upacara Yadnya Kasada yang dilangsungkan setiap tahunnnya di Gunung Bromo. Sedangkan Nama Tengger diambil dari potongan nama mereka yaitu An-Teng dan Se-Ger.

Masyarakat Suku Tengger Gunung Bromo
4.9 (99.85%) 2313 votes

COMMENTS

open trip gili labak madura
open trip gili labak madura
explore bromo
Nama

air terjun,2,batu,2,bromo,15,bukit cinta,1,bukit kingkong,1,destinasi,4,guest house,1,gunung,1,highlights,18,ijen,1,informasi,15,jawa timur,5,kawah,1,lumajang,2,madakaripura,1,pananjakan 1,1,pantai sembilan,1,pasir berbisik,1,penginapan,3,pos dingklik,1,puncak b29,1,pura luhur poten,1,seruni point,1,sunrise point,5,tips,2,tumpak sewu,1,villa,2,wisata bromo,12,
ltr
item
Surabaya Tour and Rent Car: Masyarakat Suku Tengger Gunung Bromo
Masyarakat Suku Tengger Gunung Bromo
Suku Tengger adalah masyarakat yang mendiami dataran tinggi di wilayah pegunungan Bromo, salah satu peradaban yang sudah ada sejak jaman Majapahit.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR4-ZEC00aWVLJlg4im5tyWYoeTPzS94en5pwEtsbjKXoAh0vDGL3HqHnibT-4pZmNr88ZLIQ3qCoBg5vV2usTD9jXGVG6_6D9VS93TOh_jg8UNoM04_rYssBPHmAiUNUmIrJkISxv1HjF2nD4l6H2aCmeEjkhbF_q-KAPB70fibKUZmRDUM7_lL3G/s1200/suku-tengger-gunung-bromo.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR4-ZEC00aWVLJlg4im5tyWYoeTPzS94en5pwEtsbjKXoAh0vDGL3HqHnibT-4pZmNr88ZLIQ3qCoBg5vV2usTD9jXGVG6_6D9VS93TOh_jg8UNoM04_rYssBPHmAiUNUmIrJkISxv1HjF2nD4l6H2aCmeEjkhbF_q-KAPB70fibKUZmRDUM7_lL3G/s72-c/suku-tengger-gunung-bromo.jpg
Surabaya Tour and Rent Car
https://www.gosuroboyo.com/2022/09/suku-tengger-bromo.html
https://www.gosuroboyo.com/
https://www.gosuroboyo.com/
https://www.gosuroboyo.com/2022/09/suku-tengger-bromo.html
true
3140589858290900192
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy