$type=slider$snippet=hide$cate=0$au=0$d=0$cm=0 $show=home

Tumpak Sewu Waterfall : Surga Itu Ternyata Masih Ada di Lumajang

Coban Sewu atau Air Terjun Tumpak Sewu, disebut sebagai air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Membentuk seperti tirai termasuk type Tiered

destinasi wisata air terjun tumpak sewu lumajang jawa timur
Air Terjun Tumpak Sewu atau Tumpak Sewu Waterfall, memiliki ketinggian 120 meter, berada diantara perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang merupakan salah satu Destinasi Wisata Alam terkenal di Jawa Timur. Saking terkenalnya, Air Terjun Tumpak Sewu disebut sebagai salah satu air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Bahkan disebut juga sebagai "Niagara" Nya Indonesia karena suguhan pemandangan yang sangat berbeda, berupa deretan air terjun yang membentuk seperti tirai dan termasuk dalam type air terjun Tiered.

"Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi"

Air Tejun Tumpak Sewu

air terjun tumpak sewu salah satu air terjun terindah di pulau jawa dan indonesia
Tumpak Sewu di sebut juga sebagai Niagara-Nya Indonesia

Coban Sewu atau Coban Grojokan Sewu, secara administratif lokasinya berada di wilayah Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang atau Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang. Satu lokasi Air terjun yang berada di dua alamat berbeda, karena letaknya memang di wilayah perbatasan kedua kabupaten tersebut. Tidak heran sempat beberapa waktu kedua kabupaten ini saling memperebutkan pengelolaan Air Terjun Tumpak Sewu sebagai sumber pendapatan daerah masing-masing dalam bidang Pariwisata.

Rute Menuju ke Tumpak Sewu atau Coban Sewu

spot panorama wisata air terjun tumpak sewu lumajang
Tidak berlebihan Tumpak Sewu dinobatkan sebagai Air Terjun Terindah di Pulau Jawa dan Indonesia

Meski berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, tetapi wisatawann lebih memilih jalur Kabupaten Lumajang melalui Jalan Nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur, untuk menuju lokasi Air Terjun Tumpak Sewu. Dan jika berangkat dari Malang, Anda bisa memilih rute perjalanan Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo yaitu perbatasan Lumajang dan Malang. Memang agak jauh jika ditempuh dari Kota Malang, namun selama perjalanan kesini bakal disuguhkan panorama yang sangat indah, seperti hijaunya sawah, bukit sampai Gunung Semeru. Pastinya akan membuat perjalanan anda terasa sangat menyenangkan.

Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Anda pun bisa langsung parkir di tempat wisata. Coban Sewu mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum berupa minibus. Tumpak Sewu memiliki 5 spot wisata dan jika diurut dari mulai pintu masuk / loket maka urutan spot wisata Air Terjun Tumpak Sewu seperti berikut:

1. Panorama Tumpak Sewu
2. Bottom Waterfall
3. Tebing Nirwana
4. Telaga Biru
5. Goa Tetes

Trekking ke Tumpak Sewu

trekking menuju ke air terjun tumpak sewu
Air Terjun Tumpak Sewu atau yang akrab dikenal dengan sebutan Tebing Nirwana, merupakan objek wisata yang memiliki eksotika air terjun yang luar biasa

Sebelum anda terkking menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu sebaiknya sempatkan untuk menikmati panorama air terjun dari atas atau tepatnya di Spot Panorama yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola yaitu berupa Gazebo yang telah diberi pagar pembatas. Sambil berfoto yang instagramable dengan latar belakang air terjun Tumpak Sewu tampak dari kejauhan bersama teman, pasangan atau keluarga.

Perlu di ingat bagi wisatawan yang ingin trekking sampai ke bawah melihat dari dekat panorama Air Terjun Tumpak Sewu agar berhati-hati karena menuruni tebing yang curam dan basah serta licin, medannya cukup ekstrim dan untuk menuruninya telah di sediakan tangga bambu untuk turun serta di kiri kanannya bambu sebagai pegangan, bahkan di beberapa jalur hanya di sediakan tali juga untuk berpegangan. Tapi semua itu akan terbayar lunas ketika sudah sampai di air terjun Tumpak Sewu. Panorama yang terhampar dan kesejukan airnya benar-benar membuat hati dan pikiran terasa tenang dan nyaman.

Harga Tiket Masuk Wisata Tumpak Sewu

harga tiket masuk wisata air terjun tumpak sewu lumajang
Dinamakan Tumpak Sewu, lantaran disebut-sebut punya seribu aliran air dan bila diartikan dalam bahasa Jawa "Sewu" adalah seribu

Layaknya objek wisata lainnya, untuk bisa menikmati panorama Air Terjun Tumpak Sewu, wisatawan diharuskan membayar tiket masuk. Untuk bisa masuk ke area, wisatawan dikenakan tike masuk sebesar Rp10.000 orang. Sementara, wisatawan yang ingin melakukan trekking atau petik buah salak, akan dikenakan biaya tambahan untuk pemandu wisata yang bisa disewa untuk memandu sampai ke air terjun.

Fasilitas Wisata Tumpak Sewu

harga tiket masuk wisata air terjun tumpak sewu lumajang
Di spot panorama anda akan melihat langsung keindahan yang luar biasa. Tebing nan menjulang tinggi di kelilingi oleh tumpahan air deras hampir setengah lingkaran tebing dikelilingi pepohonan hijau nan rimbun terasa sungguh alami terlihat.

Seperti destinasi wisata yang lainnya, terdapat beberapa fasilitas yang telah disediakan, walaupum di tempat wisata ini memang masih terbatas dan cukup memadai. Hal ini mungkin karena wisata Tumpak Sewu lebih ingin menonjolkan pesona keindahan alamnya yang asri seperti:

1. Area parkir kendaraan
2. Area camping
3. Pusat informasi dan retribusi
4. Warung makan
5. Pusat logistik
6. WC umum
7. Mushola

Tips penting untuk sampai ke Air Terjun Tumpak Sewu.

tips penting menuju air terjun tumpak sewu
Melalui medan yang cukup ekstrim, rasanya akan terbayar lunas setelah melihat langsung keindahannya begitu sampai di lokasi Coban Sewu

Seperti yang telah disebutkan diatas, medan yang akan ditempuh menuruni tebing bisa dibilang cukup ekstrim, perlu anda ketahui beberapa Tips penting untuk keselamatan dan kehati-hatian agar sampai dengan selamat.

1. Akan lebih baik jika menggunakan sendal dan sepatu outdoor untuk menikmati indahnya Coban Sewu, pengunjung harus turun ke bawah air terjun, oleh karena itu sangat disarankan untuk memakai sandal dan sepatu outdor yang memang didisain untuk kegiatan tracking.

2. Gunakanlah jasa guide untuk menyusuri jalan menuju Coban Sewu. Hal ini untuk berjaga-jaga dan memandu saat menuruni tebing. Selain itu dengan guide akan lebih aman, karena mereka tahu jalan atau medan yang akan dilalui.

3. Jangan lupa untuk membawa bekal yang cukup terutama air minum dan makanan ringan.

4. Perhatikan Cuaca Sekitar Jika ingin berkunjung ke Coban Sewu karena tidak akan memungkinkan untuk menuruni air terjun ketika cuaca lagi mendung ataupun hujan. Selain itu perhatikan juga waktu tempuh. Jadi jangan turun terlalu sore, karena bisa berbahaya ketika gelap tiba.

5. Disarankan Untuk anak-anak dan orang tua untuk tidak turun sampai ke bawah air terjun karena medannya yang ekstrim dan memelukan stamina dan fisik yang kuat.

Tumpak Sewu Waterfall : Surga Itu Ternyata Masih Ada di Lumajang
4.9 (99.85%) 2313 votes

COMMENTS

open trip gili labak madura
open trip gili labak madura
explore bromo
Nama

air terjun,2,batu,2,bromo,15,bukit cinta,1,bukit kingkong,1,destinasi,4,guest house,1,gunung,1,highlights,18,ijen,1,informasi,15,jawa timur,5,kawah,1,lumajang,2,madakaripura,1,pananjakan 1,1,pantai sembilan,1,pasir berbisik,1,penginapan,3,pos dingklik,1,puncak b29,1,pura luhur poten,1,seruni point,1,sunrise point,5,tips,2,tumpak sewu,1,villa,2,wisata bromo,12,
ltr
item
Surabaya Tour and Rent Car: Tumpak Sewu Waterfall : Surga Itu Ternyata Masih Ada di Lumajang
Tumpak Sewu Waterfall : Surga Itu Ternyata Masih Ada di Lumajang
Coban Sewu atau Air Terjun Tumpak Sewu, disebut sebagai air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Membentuk seperti tirai termasuk type Tiered
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIH6uZMTglsk3v0OeTRVtCYwfDrQ2gtNu38MNen0CUJOf-8RqfXl7POiDrvOvKsLd9do-pL_SlabfjCptYuDkgQouSDyT_tzqMkp-WCEUbydLA3Obdo1tDBGz3t6nCnDfVQi_7Y58WC7Tjh0pRKHUTs9DdHY_WOa4danUjCT_azuYh4UTEiyD5Tvjq/s1200/tumpak-sewu-waterfall.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIH6uZMTglsk3v0OeTRVtCYwfDrQ2gtNu38MNen0CUJOf-8RqfXl7POiDrvOvKsLd9do-pL_SlabfjCptYuDkgQouSDyT_tzqMkp-WCEUbydLA3Obdo1tDBGz3t6nCnDfVQi_7Y58WC7Tjh0pRKHUTs9DdHY_WOa4danUjCT_azuYh4UTEiyD5Tvjq/s72-c/tumpak-sewu-waterfall.jpg
Surabaya Tour and Rent Car
https://www.gosuroboyo.com/2022/10/air-terjun-tumpak-sewu.html
https://www.gosuroboyo.com/
https://www.gosuroboyo.com/
https://www.gosuroboyo.com/2022/10/air-terjun-tumpak-sewu.html
true
3140589858290900192
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy